Bupati Toba Hadiri Rakor Bersama Pj. Gubernur Sumut

Nur Kennan Br. Tarigan

- Redaksi

Jumat, 8 September 2023 - 04:05 WIB

40669 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Toba, Sumut Nasionaldetik.com

Bupati Toba, Poltak Sitorus, menghadiri Rapat Koordinasi (rakor) Bupati/Walikota se-Sumatera Utara bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin, pada hari Rabu, 6 September 2023, yang dilaksanakan di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan P. Diponegoro No. 30, Medan.

Rakor tersebut juga sebagai temu ramah sekaligus perkenalan seluruh Bupati/Walikota se-Sumatera Utara dengan Hassanudin, yang resmi menjadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara sejak 5 September 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir dalam rakor tersebut, Sekdaprov Sumut Arief S. Trinugroho didampingi Inspektur Daerah Lasro Marbun, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Ismael Sinaga, dan sejumlah pejabat lainnya.

“Saya ingin bertegur sapa dengan Bapak/Ibu sekalian. Walaupun beberapa di antaranya, kita pernah bertemu dan kenal sebelumnya. Karena saya juga pernah jadi Pangdam (I/BB) di sini. Jadi banyak yang sudah saling kenal,” ujar Pj Gubernur mengawali arahannya.

Usai perkenalan, Pj Gubernur mengatakan bahwa yang ia terima melalui Sumut Dalam Angka, provinsi Sumut dalam kondisi yang cukup baik dan bagus. Namun, hal itu tidak serta merta merupakan peran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) saja, melainkan juga tergantung pada bagaimana keadaan di setiap kabupaten/kota.

“Karena provinsi itu kan himpunan dari semua kabupaten/kota. Jadi kalau ada yang tidak bagus, satu saja, maka semua bisa saja nggak bagus. Karena ini akumulasi data kabupaten/kota,” sebutnya.

Baca Juga :  Bupati Toba Gaungkan Pelayanan Batak Niraja

Dengan segala potensi, kearifan lokal, ciri khas dan sumber daya yang ada di setiap daerah, lanjut Hassanudin, kehadiran Pemprov Sumut juga dalam rangka mensinergikan, menyelaraskan, memperkuat, serta mempertajam arus pembangunan, baik di kabupaten/kota tertentu maupun antar daerah.

“Jadi jangan ada barier (penghalang) antara kita. Misalnya saja Danau Toba, di situ ada 8 kabupaten yang terkait dengan itu. Termasuk Pakpak Bharat yang merupakan wilayah penopang, walaupun tidak ada wilayahnya yang jadi bagian dari Danau Toba. Sekali lagi, kehadiran saya di sini bukan sifatnya mengikat atau top down, tetapi membangun keterpaduan dan sinergitas. Kita (Pemprov) itu mendukung kegiatan dan menggabungkan seluruh kabupaten/kota serta memastikan kondisinya baik,” jelasnya.

Untuk itu, Hassanudin mengakui bahwa sebagai Pj Gubernur, dirinya bertugas untuk melanjutkan program pembangunan, dimana yang sudah bagus harus diteruskan. Apalagi tahun depan, katanya, akan ada tugas besar menanti, guna menyukseskan agenda nasional seperti pemilu, pilkada serentak, dan Pekan Olahraga Nasional.

“Saya dapat titipan dari pusat untuk menyukseskan agenda nasional. Tahun depan kita laksanakan PON, mari kita sukseskan. Baik menjadi tuan rumah, sebagai penyelenggara, maupun sebagai peserta. Dan yang pasti, harus sukses, aman, dan tertib administrasi. Kita harus belajar dari pengalaman (PON) sebelum-sebelumnya, agar aman hingga selesai,” tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Toba Poltak Sitorus menghadiri pesta Pembangunan Rumah Dinas HKBP Marom Resort Marom Maranatha, Kecamatan Uluan

Terakhir, Hassanudin mengingatkan bahwa keberhasilan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas laporan keuangan, merupakan satu hal yang baik. Sebab pemeriksaan keuangan terus berkembang, hingga hal yang kecil dan detail pun menjadi objek untuk memastikan tidak ada kesalahan di dalamnya.

“Tidak usah alergi dengan pemeriksaan. Karena saya dipesankan oleh Menteri Dalam Negeri, pertama khusnul khotimah (berakhir dalam kondisi baik), dan kedua aman selamanya. Yang penting, apapun yang kita kerjakan, berdasarkan data dan fakta di lapangan yang muaranya berasal dari Pancasila. Ingat, orang lain mungkin sudah berlari, kita juga harus berlari, tidak boleh jalan di tempat. Makanya tidak ada vacum of power, semua harus gerak cepat,” jelasnya.

Sebagai penutup, Pj Gubernur meminta seluruh kepala daerah di Sumut untuk bekerja maksimal, dengan kehati-hatian dan kecermatan. Namun bukan berarti takut mengambil keputusan, selama masih dalam koridor dan ketaatan terhadap aturan, serta manajemen risikonya.

“Yang penting, pertama adalah bagaimana menjalankan program dengan benar, kemudian, baik baru kita dapat enaknya. Jangan mau enaknya, tapi enggak benar. Harus diawali dengan melaksanakannya dengan benar,” sebutnya.

Turut hadir bersama Bupati, Sekretaris Daerah Augus Sitorus, Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan.

( Nur Kennan Tarigan)

Berita Terkait

Sukses di Danau Toba, Ulos 1.000 Meter Akan Dibentang Depan Istana Negara dan Keliling Monas
Pesta Syukuran Usai Panen Raya, Budaya Yang Bisa Jadi Atraksi Wisata
Bupati Toba Terima Kunjungan Silaturahmi Manajer PLN
Bupati Toba Gaungkan Pelayanan Batak Niraja
Sandiaga Uno : Mari Ubah Wisata Rohali jadi Wisata Rojali
Pemkab Toba Beri Bantuan Kursi Roda dan Makanan Bernutrisi
Tarian Toba Turut Meriahkan Hari Jadi Kota Medan
Bupati Toba: Ajak Perantau Ikut Mendukung Pembangunan Kabupaten Toba

Berita Terkait

Kamis, 2 Mei 2024 - 15:07 WIB

ELHAN-RI Bangga Dengan Kinerja PJ Bupati Takalar dan Sekda Takalar. Tapi Belum Bisa Mengapresiasi

Kamis, 2 Mei 2024 - 14:20 WIB

Dinkopumdag Tidak Ijinkan,Rubah Bentuk Pos Satpam Pasar Sitanggal

Kamis, 2 Mei 2024 - 12:08 WIB

Semakin Dicintai Rakyat, Babinsa Bantu Petani Penyiangan Rumput

Kamis, 2 Mei 2024 - 08:25 WIB

Membuat Perubahan Butuh Perjuangan

Kamis, 2 Mei 2024 - 07:51 WIB

Polsek Tallo Sayangkan Media Online Yang Mengatakan Keberpihakan Karena Finansial

Kamis, 2 Mei 2024 - 06:45 WIB

Hari Pendidikan Nasional, Anggota Koramil 09 Tonjong Makan Tumpeng Bersama Siswa SD Negeri 04 

Kamis, 2 Mei 2024 - 05:56 WIB

Jalan Rusak Parah di jln Kalisari Losari Belum Diperbaiki, 

Kamis, 2 Mei 2024 - 03:28 WIB

Ratusan Personel Polres Tegal Diterjunkan untuk Pengamanan Hari Buruh Internasional 2024

Berita Terbaru

JAKARTA

DPP BARA JP Dorong Jokowi Untuk Memimpin Salah Satu Parpol

Kamis, 2 Mei 2024 - 14:05 WIB

ACEH BESAR

Awal Mei, Ini 81 Khatib Jumat Besok di Aceh Besar

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:27 WIB