Dalam Rangka Pasca Hani, BNNK Gayo Lues Gelar Bimtek Life Skill Pakan Ikan Di Desa Bukit Tahun 2024.

Kamal Porang

- Redaksi

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:01 WIB

4043 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Dalam Rangka Pasca Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2024, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues Gelar Kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Life Skill Pakan Ikan bagi Masyarakat Wilayah Proyek Percontohan AD bertempat di Desa Bukit Kecamatan Blangkejeren, Rabu (10/07/2024).

Dalam Kegiatan Bimtek Life Skill tersebut Selain Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman, ST MSi, juga dihadiri Oleh Kepala Dinas P3AP2KB Sartika Mayasari S.STP,MA mewakili PJ. Bupati Gayo Lues, Kepala Dinas PMK, Mukhtaruddin, SE M.AP, Camat Blangkejeren Jusmaleara Senja S.Sos M.SP, Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Diwakili oleh Sekretarisnya, Ramadhan,SE, Instruktur Kegiatan, Kamaruddin, SP, Bhabinsa Desa Bukit Serka. Suryanto, Bhabinkamtibmas, Bripka, Zoel, Pengulu Desa Bukit Ridwan Husin, Sekretaris Desa Lukman, Imem Desa, Tengku Aliman dan seluruh Perangkat Desa Bukit dan tak lupa juga di hadiri oleh Peserta Life Skill.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman, ST MSi memaparkan, berdasarkan Mandat Undang – undang Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 70, BNN mempunyai tugas memberdayakan Masyarakat dalam upaya P4GN dan Prekursor Narkotika serta memantau, mengarahkan dan meningkatkan kegiatan Masyarakat dalam upaya P4GN.

Sehingga jelas Kepala BNNK Gayo Lues ini, Program dan kegiatan Kewirausahaan harus dilakukan secara terintegrasi, terpadu, sinergi, berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesejahteraan serta mengacu daya saing Masyarakat dalam mengembangkan potensi wilayahnya.

Untuk itu, pelaksanaan kegiatan Life Skill ini bertujuan untuk menciptakan Home Industri dan kewirausahaan baru yang bekerja sama dengan UMKM dan BUMK Desa.

“Sehingga, dengan adanya kegiatan yang positif Masyarakat yang rentan dapat terhindar dari Penyalahgunaan Narkoba,” Sebut Jebolan Sarjana S2 ini.

Dirinya berharap kepada Kepala Desa beserta perangkat Desa untuk membuat Qanun Desa Bersinar, Qanun tersebut nantinya bisa menjadi benteng utama dalam mengusir Peredaran Gelap Narkoba (Bandar Narkoba) dari Desa Bukit.

“Sehingga dapat menekan angka Kultivasi Ganja dan Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba untuk mewujudkan Desa Bukit Bersinar,” Pungkasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Gayo Lues, Sartika Mayasari, S.STP MA sebelum membuka kegiatan tersebut menyampaikan, Narkoba merupakan ancaman nyata (Proxy War) bagi Masyarakat melalui Life Skill ini.

Saat ini Kata Sartika, BNNK Gayo Lues telah membentuk 15 Peserta Life Skill yang dibekali dengan Ilmu pengetahuan untuk menjadi agen perubahan di Desa Bukit supaya menjaga Masyarakat agar menjauhi Narkoba.

Baca Juga :  Babinsa Ajak Ngopi Bareng Bhabinkamtibmas,Pol PP Serta Perangkat Lainnya

“Sehingga dari hasil Life Skill yang dikembangkan, kedepannya supaya bisa ditampilkan pada saat acara Expo pameran produksi Inovasi di Kabupaten Gayo Lues ini,” Ujar Sartika penuh keyakinan.

Sementara, Camat Kecamatan Blangkejeren, Jusmaleara Senja, S.Sos M.SP mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNNK Gayo Lues yang telah kesekian kalinya melaksanakan kegiatan Bimtek Life Skill ini untuk membina Desa di Wilayah Kecamatan Blangkejeren,
agar nantinya terbebas dari Narkoba, hal ini sangat bermanfaat bagi Masyarakat untuk menciptakan kewirausahaan hasil Produksi Desa yang bernilai Ekonomi tinggi.

“Sehingga nantinya diharapkan kepada Pengulu Desa untuk terus membina dan memotivasi Masyarakat dalam melanjutkan Produksi pembuatan Pakan Ikan ini kedepannya,” Pungkasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan MoU serah terima barang Life Skill dari Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman ST MSi dengan Pengulu Desa Bukit serta dilanjutkan dengan Pemaparan Materi dari Narasumber yang ahli di bidangnya. [Mustafa]

Berita Terkait

Danramil 08/ Blangpegayon Kapten Inf Andrianto Mewakili Dandim 0113/ Gayo Lues Menghadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Patuh Seulawah 2024
Kapolres Gayo Lues Pimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Patuh Seulawah 2024
Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mulai, Satlantas Polres Gayo Lues Ajak Masyarakat Patuhi Peraturan Lalulintas
H Maliki di Undang Makan Bersama Dudaulat Maju Calon Wakil Bupati Gayo Lues
Kelanjutan Proses Rehab Mesjid Baiturahim, Hari Ke-21
Pendampingan Babinsa Terhadap Petani di desa Binaan Guna Terciptanya Swasembada Pangan
Kelanjutan Proses Perehapan Masjid Baiturrahim Hari Ke tujuh belas.
Babinsa Koramil 10/Pantan Cuaca Melaksanakan Kegiatan Anjangsana Dan Silaturahmi Di Desa Remukut

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 10:43 WIB

Ketua Umum Ormas GML Apresiasi Anggota GML Kecamatan Marga Punduh Kawal Terus Dugaan Korupsi Di Desa Kunyaian

Senin, 15 Juli 2024 - 10:18 WIB

LSM Lipan Minta APH segara Proses secara Hukum Oknum Caleg yang diduga aniaya Masyarakat

Senin, 15 Juli 2024 - 08:42 WIB

Kapolres Pesawaran Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS Patuh 2024,Tujuh Pelanggaran Yang Menjadi Prioritas

Minggu, 14 Juli 2024 - 16:33 WIB

Camat Kedondondong Jaling Silaturahmi Bersama Tokoh Adat,Agama Serta Masyarakat dan Apratur Desa

Minggu, 14 Juli 2024 - 13:12 WIB

SMA Taruna Raden Intan Lampung Gelar Pelantikan Taruna Taruni Angkatan Ke III

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:30 WIB

Kapolda Lampung Apresiasi Sinergi TNI-Polri dan Semua Pihak Selama Kunjungan Jokowi

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:19 WIB

Jokowi Lanjutkan Kunjungan ke Lampung Barat dan Tanggamus dengan Pengawalan Ketat Polda Lampung

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:05 WIB

Pengamanan Ketat Kunjungan Presiden Jokowi di Lampung: Agenda Berlanjut ke Lampung Barat dan Tanggamus

Berita Terbaru

HUKUM & KRIMINAL

Kapolres Tegal Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 11:05 WIB