Ketum IWO-I Apresiasi Kapoldasu Tangkap Pelaku Pembakar Rumah Wartawan

Edi Supriadi

- Redaksi

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:58 WIB

4097 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Medan Sumut Nasional detik.com -Ketua Umum DPP Ikatan Wartawan Online Indonesia  (IWO-I) Icang Rahardian SH, MH memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polda Sumatera Utara beserta jajaran yang telah berhasil menangkap pelaku pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu yang terjadi pada Kamis, dinihari (27/6/2024), di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo Sumut

 Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut tak terlepas dari penggunaan metode modern Scientific Crime Investigation (CSI) oleh penyidik.

Para pelaku yang ditangkap tersebut berjumlah dua orang, masing-masing memiliki peran dan tugas berbeda-beda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kedua pelaku merupakan eksekutor berinisial RAS (37) dan YT alias Selawang (36).

RAS bertugas sebagai driver atau pengemudi motor, sedangkan temannya YT alias Selawang berperan menyiramkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang sudah dicampur solar ke rumah korban.

“Kami memberi apresiasi kinerja Bapak Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi berhasil menangkap pelaku pembakaran rumah Almarhum Rico Sempurna Pasaribu hingga menewaskan 4 orang,” ujar Ketua Umum DPP IWOI, Icang Rahardian SH, MH melalui Ketua DPW IWOI Sumatera Utara, Ratno SH, MM didampingi Dewan Pembina, Ir, H, Erwan Nasution dan Drs Bahrumsyah MM di Medan, Selasa  (09/07/2024) pagi.

“Atas nama keluarga besar IWO-I Sumut mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Sumatera Utara beserta jajaran yang berhasil menangkap du orang pelaku pembakar rumah wartawan yang mengakibatkan tewasnya  Rico Sempurna Pasaribu beserta keluarganya, secara sadis,” ujar Ratno SH, MM yang juga Pemimpin Redaksi RADARINDO.CO.ID.

Baca Juga :  Babinsa Dan Warga Sudah Bekerja Walaupun TMMD Belum Dibuka

Lebih Lanjut dikatakanya, kerja ekstra yang dilakukan Kepolisian Sumatera Utara membuktikan kerja profesional karena dalam waktu singkat telah membekuk pelaku. Membuktikan tidak ada yang kebal hukum.

Sebelumnya Poldasu menyampaikan siaran pers, bahwa selain Rico Sempurna Pasaribu, juga istrinya Efprida boru Ginting (48), anaknya SIP (12), dan cucunya LS (3), ikut jadi korban.

“Scientific Crime Investigation merupakan metode memadukan antara teknik prosedur, dan teori ilmiah untuk mengumpulkan bukti dalam melawan kejahatan dan memenuhi kebutuhan hukum.

Metode ini digunakan agar polisi mendapatkan kesimpulan berdasarkan keidentikan dari berbagai sudut pandang disiplin keilmuan, sehingga penyebab kebakaran itu dapat terungkap secara terang-benderang,” ungkap Kapolda Sumut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat konferensi pers Bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI M Hasan, di Mapolres Karo, Senin (08/07/2024).

Komjen Agung Setya mengatakan, pelaku YT membeli sebotol Pertalite dan solar seharga Rp 130 ribu kemudian dicampur dan diaduk dalam jeriken.

Cairan mudah terbakar itu dimasukkan ke dalam 2 botol bekas minuman. Untuk menutupi wajah dan badan, kedua pelaku mengenakan sebo atau penutup kepala serta selimut saat beraksi.

Tak lama Kemudian, YT diboncengi RAS menggunakan sepeda motor matic menuju rumah Rico Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo.

Baca Juga :  Dahlan Iskan Disebut Terlibat dalam Proses Pengadaan LNG PT Pertamina

Sesampainya di rumah korban, kata jenderal bintang 3 tersebut, mereka tidak berhenti, melainkan memperlambat kecepatan motor matic ditunggangi sembari memastikan ada atau tidak orang di dalamnya.

Ketika itu, kata Komjen Pol Agung Setya, YT melihat situasi di sekitar lokasi, sedangkan RAS mengawasi. Dipastikan aman, YT menyiramkan dua botol cairan mudah terbakar ke sekeliling rumah Sempurna Pasaribu.

Mulai dari pintu depan hingga dinding rumah. Lalu, pelaku menyulutnya menggunakan mancis.

Usai beraksi, RAS yang sudah menanti tak jauh dari lokasi, kemudian tancap gas dengan memboncengi YT, sambil membuang kedua botol bekas telah digunakan.

“Usai beraksi, kedua eksekutor ini berganti pakaian dan kabur menuju Merek. Eksekutor penyiram BBM ke rumah korban saat ditangkap melawan dan petugas terpaksa melakukan tindak tegas terukur,” ungkapnya.

Saat ditanyakan, apakah akan ada pelaku lainnya berdasarkan pengungkapan penangkapan kedua eksekutor, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan Penyidik saat ini sedang mendalami keterlibatan pelaku lainnya.

“Terima kasih Bapak Kapolda Sumut telah sukses menangkap dua pelaku pembakar rumah wartawan di Kabupaten Karo.

Sampaikan salam hormat saya kepada bapak Kapolda Sumut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi,” ujar Ketua Umum DPP IWOI, Icang Rahardian SH, MH melalui pesan kepada Ketua IWOI Sumut, Ratno SH, MM.

Redaksi.

Berita Terkait

Satgas TNI Gotong Royong, Warga Mumugu Bangun Rumah Adat Jew Suku Asmat Papua
Forum Relawan Jokowi Tegak Lurus Laporkan Kerja Politiknya ke Jokowi di Lampung
Heboh,Korupsi Dana Hibah di Jatim,Termasuk 3 Penyelenggara Negara di Tetapkan KPK 21 Tersangka
Persiapan Kejurda, Satgas Yonif 125/SMB Latih Ratusan Karateka Kabupaten Mappi
Kesadaran Masyarakat Harus Ditingkatkan Tentang Bahaya Judi Online
Menghadap Kepsek SMAN 2 Padalarang, Harus Ada Surat dari KCD
Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kabupaten Purwakarta Sosialisasikan,Pengawasan Partisipatif Bersama Pemilih Pemula.
Surasno Bantu Penambalan Jalan

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 10:43 WIB

Ketua Umum Ormas GML Apresiasi Anggota GML Kecamatan Marga Punduh Kawal Terus Dugaan Korupsi Di Desa Kunyaian

Senin, 15 Juli 2024 - 10:18 WIB

LSM Lipan Minta APH segara Proses secara Hukum Oknum Caleg yang diduga aniaya Masyarakat

Senin, 15 Juli 2024 - 08:42 WIB

Kapolres Pesawaran Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS Patuh 2024,Tujuh Pelanggaran Yang Menjadi Prioritas

Minggu, 14 Juli 2024 - 16:33 WIB

Camat Kedondondong Jaling Silaturahmi Bersama Tokoh Adat,Agama Serta Masyarakat dan Apratur Desa

Minggu, 14 Juli 2024 - 13:12 WIB

SMA Taruna Raden Intan Lampung Gelar Pelantikan Taruna Taruni Angkatan Ke III

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:30 WIB

Kapolda Lampung Apresiasi Sinergi TNI-Polri dan Semua Pihak Selama Kunjungan Jokowi

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:19 WIB

Jokowi Lanjutkan Kunjungan ke Lampung Barat dan Tanggamus dengan Pengawalan Ketat Polda Lampung

Jumat, 12 Juli 2024 - 03:05 WIB

Pengamanan Ketat Kunjungan Presiden Jokowi di Lampung: Agenda Berlanjut ke Lampung Barat dan Tanggamus

Berita Terbaru

HUKUM & KRIMINAL

Kapolres Tegal Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 11:05 WIB