Plugo bersama Revolusi Lokal dan transcosmos Indonesia Dorong UMKM Memaksimalkan Pemasaran Digital

Kamal Porang

- Redaksi

Minggu, 23 Juni 2024 - 13:06 WIB

4024 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ekonomi digital Indonesia dipastikan akan terus berkembang terutama pasca pandemi Covid-19. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$124 miliar atau sekitar Rp1.775 triliun pada tahun 2025.

Dengan proyeksi tersebut, Indonesia akan berada pada peringkat pertama di ASEAN sebagai negara dengan nilai transaksi ekonomi digital terbesar dengan kontribusi 40,1%.

Nominal angkanya pun terus berkembang hingga kini telah mencapai sekitar 65 juta. Maka dari itu, UMKM memegang peranan penting dan membutuhkan perhatian khusus dalam perkembangannya untuk menyokong perekonomian Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sadar akan besarnya potensi ekonomi digital di masa depan, perusahaan layanan bisnis digital transcosmos Indonesia (TCID) secara proaktif mendukung pembekalan pebisnis UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran digital melalui kerja sama dengan komunitas Revolusi Lokal dan platform manajemen toko online all-in-one Plugo Indonesia.

“UMKM adalah sektor yang menggerakkan ekonomi Indonesia pada pandemi lalu. Kami percaya potensi tersebut masih dapat lebih dimaksimalkan, maka dari itu, kami berinisiatif membekali para UMKM dengan strategi pemasaran digital yang tepat, agar kontribusi mereka terhadap perekonomian nasional semakin besar. Jika UMKM berkembang pesat, ekonomi Indonesia akan kuat,” kata Content Creator dan Founder Revolusi Lokal Raymond Chin.

Baca Juga :  ETF Kripto Pertama di Indonesia - Membangun Kekayaan Finansial Pribadi secara Mandiri dan Otomatis dari DeFi, Bukan Bank dari Beli Finance dan Nobi

Para mentor yang dihadirkan dalam sesi 1 on 1 speed mentorship merupakan pakar digital marketing professional dari perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID), serta direktur Plugo Indonesia, Izki Aldrin Iswarna, yang memberikan pembekalan kepada para pengusaha UMKM di bidang fashion dan beauty mengenai digital marketing.

Sedangkan UMKM yang dipilih merupakan hasil penyeleksian secara selektif oleh tim Revolusi lokal dengan berbagai kriteria yaitu; bisnis UMKM sudah berjalan selama 1 tahun, penghasilan UMKM stabil di angka minimal 30 juta per bulan dan memiliki toko online aktif dalam 6 bulan terakhir. Pada proses seleksi, setidaknya terdapat 140 UMKM yang mendaftar, sebelum akhirnya dikurasi menjadi 20 UMKM saja.

“Kami merasa bangga menjadi partner Revolusi Lokal dan Plugo dalam mengembangkan dan mengoptimalkan potensi para pengusaha UMKM. Di era digital ini, digital marketing merupakan salah satu faktor penting dalam membantu meningkatkan bisnis bagi para pengusaha di berbagai sektor terutama UMKM. Melihat antusiasme dari para peserta, kami percaya para pelaku UMKM dapat terus meningkatkan omsetnya hingga menjadi perusahaan dengan skala yang lebih besar.” sebut Vice President Director transcosmos Indonesia Ardi Sudarto.

Baca Juga :  EVOS dan CBN Fiber: 6 Tahun Membangun Koneksi Tanpa Batas di Industri Esports Indonesia

Dalam sesi 1 on 1 speed mentorship, TCID menghadirkan 3 mentor yang kompeten di bidang pemasaran digital, antara lain Hamdoni selaku CX Operation Manager; Insan Kurnia sebagai Digital Ads Supervisor; serta Ekke Wulan yang merupakan seorang Digital Ads Team Leader.

Turut menambahkan, Direktur Plugo Indonesia Izki Aldrin Iswarna sebagai salah satu mentor memaparkan, “Acara kali ini sangat menarik, ya. Saya sebagai salah satu mentor juga sangat senang bisa berbagi dengan para brand owner yang berpartisipasi dalam acara ini. Tentunya acara ini sangat sejalan dengan komitmen Plugo untuk dapat membantu UMKM di Indonesia agar dapat meningkatkan bisnisnya melalui program komunitas Seller Juara.”

Selanjutnya, UMKM terpilih diberikan waktu masing-masing sekitar 5 menit untuk bertukar pikiran dengan setiap mentor terkait strategi dan implementasi pemasaran digital.

“Semoga dengan adanya program ini dapat menginspirasi pihak lainnya untuk saling bahu membahu mengembangkan UMKM di Indonesia. Potensi UMKM sangat besar, namun tentunya juga harus diiringi dengan kolaborasi. Kolaborasi inilah yang akan memandu mereka untuk mencapai potensi maksimalnya masing-masing,” tutup Raymond Chin.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Robot di KorSel “Bunuh Diri” Gara-gara Stress Kerja Tanpa Libur. Gimana yang Manusia?
Nikmati Kemudahan Pantau Sales Lapangan Dengan Barantum CRM Canvassing
Ini 7 Tanda Perusahaan Anda Wajib Menggunakan Aplikasi CRM
PT Pigeon Indonesia Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pantai Indah Kapuk Jakarta
Token Baru Ini Mengguncang Dunia Kripto: Simak Alasannya!
Keseruan Workshop Public Speaking Bersama Priska Sahanaya dan AGATIS di SD Kalam Kudus 2
Ingin Untung dari Bitcoin? Simak Cara Beli Bitcoin yang Benar!
Ingin Cuan dari Airdrop Crypto? Ini yang Perlu Anda Siapkan

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 18:24 WIB

Taqwaddin ; ICMI tidak Berpolitik, tapi Mendukung Siapapun yang Terpilih dalam Pilkada nanti

Sabtu, 13 Juli 2024 - 22:12 WIB

Nasir Jamil ; Wacana Bagus Perlunya Hakim Ad Hoc Jinayah di Aceh

Sabtu, 13 Juli 2024 - 21:36 WIB

Taqwaddin; Perlunya Hakim Ad Hoc Jinayah di Aceh

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Kasdam IM Hadiri Acara Musyawarah Daerah III Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengurus Daerah Aceh, Kukuhkan Ketua Baru

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:46 WIB

Satpol PP dan WH Aceh Datangi Hotel Yang Fi Duga Tempat Esek Esek

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:01 WIB

Brigjen Armia Fahmi Ajak semua Pihak Harumkan Nama Aceh pada Momen PON Aceh-Sumut

Kamis, 27 Juni 2024 - 14:39 WIB

Diumumkan Gerindra, Prof Adjunct. Dr. Marniati Diajukan Sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh

Minggu, 23 Juni 2024 - 13:22 WIB

Darni M, Daud Ingin Bangkitkan Ekonomi Rakyat, Ratusan Relawan Berikan Dukungan Maju Gubernur Aceh

Berita Terbaru